0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Deteksi Terorisme, Orangtua Perlu Kenali Sikap Ekstrem Anak

Bupati Karanganyar Juliyatmono (dok.timlo.net/raymond)

Karanganyar — Kepedulian orangtua terhadap perilaku sehari-hari anak membantu menjauhkan mereka dari aktivitas menyimpang. Dalam pembibitan pelaku teror, biasanya mereka menyembunyikan itu dari keluarga dan orang terdekatnya.

“Ini imbauan bagi kaum ibu. Perhatikan perubahan sikap anak. Jika mulai menentang orang tua apalagi menganggap kita kafir karena berbeda dengan yang diyakininya, itu berbahaya,” kata Bupati Karanganyar Juliyatmono dalam menyikapi fenomena perilaku ekstrem yang mengarah pada teror, kemarin.

Orang nomor satu di Pemkab Karanganyar ini menyampaikannya ke ribuan kaum hawa di kesempatan acara milad ke-100 Aisyiyah di Gedung Dakwah Muhammadiyah. Kalangan ibu didorong aktif bertanya terkait aktivitas anaknya. Jangan hanya berbangga jika anak-anaknya rutin mengikuti kajian religi. Bisa jadi, itu merupakan wadah perekrutan kelompok teroris.

“Ditanya. Kiaimu sopo? Ngajimu karo sopo? Nyang endi?” katanya.

Untuk melakukan itu, minimal orang tua perlu memahami benar ajaran agama agar bisa membedakan perilaku menyimpang dan berbahaya saat seseorang memaknai sesuatu secara parsial

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge