0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

E-PBB Diharapkan Dorong Kepatuhan Wajib Pajak

Jajaran pemkot Solo saat melakukan penandatanganan MoU dengan BNI (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Penerapan sistem pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan melalui e-PBB yang dilakukan pemerintah kota (Pemkot) Solo bekerjasama dengan BNI diharapkan bisa meningkatkan kesadaran para wajib pajak. Pasalnya, dengan adanya sistem tersebut tidak hanya lebih transparan tapi juga memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

“Potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemkot Solo dari sektor PBB sekarang ini mencapai Rp 67 Miliar per tahun. Adapun prosentase tingkat kepatuhan wajib pajak pembayaran PBB baru sekitar 80 persen,” ujar Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Solo, Yosca Herman Soedradjad kepada wartawan, Jumat (26/5).

Oleh karena itu, menurut dia, dengan diberlakukannya sistem pembayaran melalui e-PBB, diharapkan kesadaran para wajib pajak bisa meningkat. Karena dengan sistem ini, mereka tidak perlu menggunakan uang cash, dan bisa dilakukan di rumah tanpa harus mengantri.

Yosca menyebut, melalui sistem itu setiap transaksi pembayaran yang masuk dari wajib pajak bukan hanya tercatat dalam database BPPKAD, namun juga terkoneksi dengan aplikasi Solo Destination. Sehingga lebih transparan,  karena masyarakat bisa mengetahuinya secara langsung.

Sementara itu, Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo dalam kesempatan yang sama menyampaikan, penerapan sistem pembayaran PBB secara online ini merupakan komitmen dari pemkot Solo. Tujuannya untuk meningkatkan transparansi pengelolaan keuangan.

“Sehingga nanti kalau saat melakukan penyerapan aspirasi di Kelurahan, kita tinggal menyampaikan pertanggung jawabannya secara lebih mudah kepada masyarakat,” tandasnya.

 

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge