0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Begini Suasana Penerimaan Sertifikat Gratis

warga nenunjuj sertifkat tanah yang sudah jadi (timlo.net/heru gembul)

Solo — Suhadi girang bukan kepalang saat menerima sepeda dari Presiden Jokowi. Petani asal Kabupaten Brebes ini adalah salah satu peserta penerimaan sertifikat gratis dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR), di Stadion Sriwedari Solo, Jumat (26/5).

Suhadi sendiri adalah salah satu penerima sertifikat dari kementerian ATR yang diserahkan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani. Suhadi mendapatkan sepeda sebab dirinya diminta maju dan menjelaskan bagaimana proses mendapatkan sertifikat dari Kementerian ATR.

“Saya mendaftar di kantor desa, karena memang ada pengumuman tentang pembuatan sertifikat gratis ini. Hanya dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 70 ribu,” katanya.

“Tanpa biaya tambahan ya Pak?” tanya Puan.

“Tanpa biaya tambahan,” sambung Suhadi.

Lain lagi dengan Masyudah. Dirinya bercerita bahwa dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 150 ribu.

“Kok beda? Ini dikarenakan besaran administrasi tergantung pada daerah masing-masing. Kota atau Kabupaten, di jalan raya atau kampung atau pedesaan,” terang Puan.

Lebih lanjut, putri Megawati Soekarno Putri ini menjelaskan bahwa program sertifikat gratis ini akan dilanjutkan hingga tahun 2023. Di Jawa Tengah, kata Puan, masih terdapat 21,5 juta lahan yang belum tersertifikat. Melalui program pemberian sertifikat gratis ini, Kementerian ATR telah menyelesaikan sekitar 9 juta sertifikat lahan.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge