0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Museum Keraton Kasunanan Dibuka Kembali

(foto: Indira)

Solo – Museum Keraton Kasunanan Surakarta kembali dibuka untuk masyarakat umum, Senin (1/5) oleh Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo dan Sinuhun Paku Buwana XIII. Sebelumnya, museum tersebut terpaksa tutup karena kedatangan ratusan personel polisi pada Sabtu (15/4) lalu.

“Dibukanya kembali museum diharapkan dapat dimanfaatkan warga masyarakat. Pembukaan kembali hari ini sebagai rangkaian acara jumenengan,” jelas Rudy dalam sambutannya.

Selain sebagai serangkaian acara jumenengan, dipilihnya tanggal 1 Mei atau Senin Legi dalam penanggalan Jawa. Rudy beralasan, weton Legi merupakan salah satu hari baik yang diyakini mampu menarik wisawatan lebih banyak.

foto: Indira

foto: Indira

foto: Indira

“Museum ini diibaratkan gula, wisatawan semutnya. Nah kalau tanggal 1 Mei ini sebagai simbol bahwa raja di Keraton Solo in cuma satu, yaitu Sinuhun PB XIII,” tuturnya.

Sekadar informasi, Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) koordinator dan Muspida Kota Solo harus membuat laporan 10 hari setelah jumenengan. Nantinya, pada tanggal 2 Mei, Rudy akan mengirimkan laporan ke Presiden RI melalui Menteri Dalam Negeri dan ditembuskan keempat kementrian lainnya.

Sementara itu, pembukaan kembali museum tersebut juga dihadiri beberapa pejabat lainnya. Seperti Kapolresta Solo, AKBP Ribut Hari Wibowo, Dandim 0735 Solo, Letkol Inf Edwin Apria Candra, serta Kepala Dinas dan Instansi Kota Solo.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge