0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PN Wonogiri Kekurangan Hakim

Marliyus Marley Saputra (foto: Tarmuji)

Wonogiri – Jumlah hakim di Pengadilan Negeri (PN) Wonogiri terbilang minim. Status pengadilan tersebut kini sudah berubah dari kelas II B menjadi Kelas I B.

“Kalau idealnya hakim kelas 1-B itu hakimnya 15 orang bukan lima majelis. Tapi kenyataan itu tidak dialami Wonogiri saja, bahwa saat ini Indonesia kekurangan 4.000 hakim,” kata Ketua PN Kelas 1-B Wonogiri, Marliyus Marley Saputra, Rabu(25/4).

Dia menyebut, saat ini hakim di PN Wonogiri hanya ada lima orang yang terdiri dari tiga hakim dan dua wakil ketua dan seorang ketua PN. Sejak tahun 2010, menurut dia tidak lagi ada penerimaan hakim.

“Di sini kan kebanyakan hakimnya perempuan, semisal ada yang sakit atau cuti hamil pekerjaan tertunda, jadi kita harus menjaga kesehatan, jangan sampai kita sakit,” ujarnya.

Meski demikian, dengan kurangnya sumber daya manusia (SDM) menurut dia tidak menjadi persoalan, bahkan hal itulah yang menjadi suatu tantangan baru di sebuah lembaga peradilan. Diakuinya, banyaknya perkara disetiap lembaga peradilan berjalan bersamaan dengan laju tumbuh berkembangnya suatu kota/ kabupaten.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge