0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

3 Korban Lift Hotel Haris Dapat Santunan BPJS Ketenagakerjaan

Solo — Tiga pekerja proyek yang tewas dalam pembangunan Hotel Haris, Solo pada Jumat (21/4) lalu, mendapatkan santunan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Santunan tersebut diberikan, lantaran ketiga korban sudah didaftarkan oleh perusahaan kontruksi yang bersangkutan dalam program jaminan kecelakaan kerja (JKK) sektor jasa konstruksi.

“Ketiga korban yang meninggal dunia tersebut sudah didaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Sehingga sesuai dengan aturan yang berlaku, mereka berhak mendapatkan biaya santunan dari kami,” ujar Kepala Kantor Cabang Utama BPJS Ketenagakerjaan, Suwilman Rachmat kepada wartawan, Rabu (26/4).

Menurutnya, sesuai aturan yang berlaku masing-masing korban mendapatkan santunan kematian akibat kecelakaan kerja sebesar 48 kali upah perbulan, santunan berkala berjumlah Rp 4,8 juta, biaya pemakaman sebesar Rp 3 juta dan bagi korban yang memiliki anak usia sekolah mendapatkan tambahan beasiswa sebesar Rp 12 juta.

“Untuk korban atas nama Suyatno dan Wahyudi santunan kita berikan langsung kepada istri selaku ahli waris. Sementara untuk korban meninggal atas nama Alfa Kristanto yang saat ini masih lajang, santunan diberikan kepada orang tua yang bersangkutan, “ jelasnya.

Suwilman juga menyampaikan, ketiga korban yang merupakan pekerja dari PT Adicipta Cahaya Gemilang (ACG) tersebut sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan setelah perusahaan konstruksi yang bersangkutan membayar iuaran pada Desember yang lalu. ACG sendiri, lanjut dia, merupakan salah satu perusahaan yang tergolong tertib administrasi, karena setiap proyek yang dikerjakan selalu didaftarkan dalam program BPJS Ketenagakarjaan sector jasa kontruksi.

“Perusahan kontruksi yang bersangkutan sudah membayarkan iuran sebesar Rp 6.836.500 untuk seluruh pekerja proyek hotel pada Desember lalu. Berdasarkan aturan, memang iuran tersebut hanya dibayarkan satu kali dengan perhitungan berdasarkan nilai proyek yang dikerjakan,” tandasnya.



Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge