0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Anter Asmorotedjo Bawakan Tari Sejarah Berdirinya Yogjakarta

Anter Asmorotedjo bakal tampil 24 jam dalam peringatan World Dance Day di Institut Seni Indonesia pada 29-30 April 2017 (indira)

Solo — Penari asal Kota Gudeg, Anter Asmorotedjo bakal membawakan tiga jenis tarian di pentas Solo 24 Jam Menari pada peringatan World Dance Day (WDD) 29-30 April 2017 mendatang. Saat pembukaan nanti, dia akan membawakan tarian berjudul Semelah.

“Baru kali ini tampil 24 jam di WDD Solo. Saya akan membawakan tiga tarian tradisi dan kontemporer,” kata pria yang lahir dari keluarga seniman itu kepada Timlo.net.

Tari ini, lanjut dia, Sebagai wujud rasa syukur dan memohon restu sebelum memulai pementasan hingga hari kedua kepada Sang Pencipta.

“Semelah kependekan dari Sembah, Sumeleh, dan Sumilah. Semacam ritual sebelum memulai sesuatu, ungkapan rasa syukur,” jelasnya.

Selain itu, Anter juga akan membawakan Pawenang Ing Palagan. Menceritakan tentang awal berdirinya Yogyakarta dengan properti bambu runcing. Dilanjutkan tarian kelompok bertajuk Ramadaya Pati.

“Ramadaya Pati ini bercerita tentang Hanoman, ditarikan bersama tujuh siswa SMKI Yogjakarta. Selain itu juga ada tarian improvisasi bersama dua penari 24 jam lainnya (Danang Pamungkas dan Asep Sulaeman). Gerakan mengikuti ritme musik dan ruang yang disediakan,” tutur dia.

Disinggung terkait persiapan sebelum menari selama seharian penuh. Anter mengaku tidak melakukan latihan khusus.

“Cuma latihan fisik aja, kalau latihan kan sudah rutin,” kata Anter.

Sekadar informasi, Solo 24 Jam Menari bakal digelar di beberapa titik di Kampus ISI Solo. Seperti halaman Rektorat, Pendapa Ageng, Gedung Teater Kecil, Lobi Teater Besar, Teater Kapal, dan Teater Terbuka ISI Solo.

“Pembukaan di halaman Rektorat Sabtu (29/4) pukul 06.00 WIB. Nonstop 24 jam sampai Minggu (30/4) pukul 06.00 WIB,” tutur Ketua Divisi Pagelaran, Eko Supendi atau akrab disapa Eko Phebo.

 

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge