0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Droping E-KTP Terbatas, Dispenducapil Waspadai Pungli

E-KTP (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Setelah beberapa bulan mengalami kekosongan, akhirnya bahan e-KTP tersedia. Sayangnya, droping bahan e-KTP yang diterima Dispendukcapil Boyolali sangat terbatas, yaitu hanya 10 ribu keping. Padahal berkas pemohon yang menumpuk di Dispendukcapil sudah mencapai 49.587 buah.

“Sangat terbatas sekali, itu sudah jatah dari provinsi, kita tidak bisa minta tambahan untuk pembagian ini,” kata Kepala Dispendukcapil Boyolali Agus Santoso, Selasa (25/4).

Namun pihaknya berharap, jatah bisa bertambah pada tahap berikutnya. Di sisi lain, untuk memenuhi asas keadilan, pemohon yang berkasnya sudah menumpuk lama akan  didahulukan.

“Hanya saja untuk pemohon per 14 Desember hingga bulan ini belum bisa diproses, karena datanya belum masuk ke pusat,” imbuhnya.

Sementara itu untuk menghindari Pungli, nepotisme atau kolusi, antara pemohon dengan petugasnya, pihaknya membentuk tim yang mengawasi pembuatan e-KTP.

“Kita awasi petugasnya,pendataan tiap hari berapa keping yang sudah digunakan,” imbuhnya.

Bahan e-KTP sendiri habis sejak bulan September. Kondisi ini membuat berkas pemohon e-KTP terus menumpuk, apalagi dalam sehari ada ratusan pemohon.

“Untuk yang belum tercetak, tidak perlu khawatir, kita ganti dulu menggunakan SUKET, fungsinya sama dengan e- KTP,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge