0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mahasiswa 20 Negara Meriahkan UNS Cultural Night

Mahasiswa asing bakal Meriahkan UNS Cultural Night 2017 (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Mahasiswa asing berasal dari 20 negara bakal memeriahkan UNS Cultural Nighti 2017, tanggal 4 Mei 2017 mendatang di Auditorium Universitas Sebelas Maret (UNS). Mahasiswa asing tersebut kini sedang menempuh studi di UNS lewat beberapa program seperti pertukaran, BIPA, Darmasiswa, KNB, Beasiswa UNS maupun swadana.

Kepala UPT Layanan Internasional UNS, Taufiq al Makmun mengatakan,UPT Layanan Internasional selalu berusaha memberikan layanan terbaik bagi para mahasiswa internasionalnya. Tidak hanya layanan dan informasi akademis, mahasiswa internasional juga dikenalkan pada tradisi lokal melalui orientasi dan berbagai kegiatan budaya lainnya

“Per bulan April 2017, tercatat ada 93 mahasiswa dari 32 negara sedang menempuh studi di UNS,” jelas Kepala UPT Layanan Internasional UNS, Taufiq al Makmun kepada wartawan, di Kampus UNS, Solo, Selasa (25/4).

Taufiq mengatakan, mengenal budaya lokal saja dirasa belum cukup. Mahasiswa internasional juga perlu diberikan ruang untuk mengekspresikan diri dan memperkenalkan negara asal mereka. Untuk memfasilitasi mereka dalam hal tersebut, UPT Layanan Internasional merancang sebuah acara tahunan, yaitu UNS Cultural Night. “Dalam acara ini, para mahasiswa internasional dapat berbagi tentang kebudayaan mereka,” ujarnya.

Menurut Taufiq, UNS Cultural Night 2017 akan digelar pada hari Kamis, 4 Mei 2017 di Auditorium UNS. Di tahun 2017 ini, UNS Cultural Night mengusung tema “Building Pieces Together into Perfect Harmony”.

Sejumlah mahasiswa dari 20 negara akan berpartisipasi dalam acara ini. Negara-negara tersebut yaitu Turkmenistan, Prancis, Korea Selatan, Amerika Serikat, Uzbekistan, Yunani, Jepang, Cina, Laos, Hungaria, Nigeria, Filipina, Timor Leste, Vietnam, Myanmar, Malaysia, Meksiko, Rwanda, Thailand, dan Madagaskar.

“Mereka akan menampilkan aksi panggung antara lain berupa tarian, lagu, puisi, dan peragaan busana serta menyajikan hidangan khas negara mereka,” ujarnya.

Lebih lanjut Sutoyo mengemukakan, UNS Cultural Night adalah ajang bertemunya warga UNS lintas budaya. Iklim internasional di UNS yang terbentuk melalui kehadiran mahasiswa internasional dari berbagai negara dirayakan dalam malam gelar budaya sebagai wadah untuk saling belajar, menghargai, menghormati, dan meningkatkan pemahaman akan keberagaman budaya di dunia melalui seni pertunjukkan, cara berpakaian dan kekayaan kuliner.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge