0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkot : Tembok Klewer Jebol karena Kelalaian Buruh

Kondisi tembok pengaman di sisi tenggara menuju basement pasar klewer setelah tertabrak troli, Senin (24/4). (foto: Rosyid)

Solo – Pemerintah Kota Solo memastikan kerusakan tembok yang tertabrak troli barang tidak disebabkan karena kurang kuatnya bangunan. Hal itu murni kecelakaan sehingga tembok tidak kuat menahan hantaman troli seberat hampir 100 Kg itu.

“Sekuat apa pun temboknya, kalau ditabrak beban seberat itu dengan kecepatan tinggi pasti jebol,” kata Kepala Dinas Perdagangan Solo, Subagyo, Senin (24/4).

Menurut Subagyo, kecelakaan di lantai semi basement Pasar Klewer itu murni disebabkan oleh kelalaian buruh angkut. Karena itu, ia mengimbau Serikat Pekerja Transportasi Indonesia (SPTI) yang memayungi buruh angkut di pasar untuk mengarahkan anggotanya. Buruh diharap mengangkut sesuai kemampuan alat dan fisik masing-masing.

“Kalau memang tidak kuat jangan dipaksakan. Kalau ada kerusakan seperti tadi kan yang rugi kita semua,” kata dia.

Lebih lanjut ia mengatakan pihaknya akan segera memperbaiki kerusakan tersebut. Meski disebabkan karena kelalaian buruh, Subagyo berharap pihak Adhikarya mau mengerjakan perbaikan.

“Mudah-mudahan mau memperbaiki karena ini kan masih dalam masa perawatan,” kata dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, tembok pasar Klewer di area bongkar ambruk. Tembok pengaman di lantai semi basement di sebelah Tenggara Klewer Gedung baru itu jebol setelah tertabrak troli beroda dua.

“Jebol karena tertabrak troli. Saat teman-teman memindah barang ke kios, ada yang tidak kuat menahan beban sehingga menabrak tembok,” kata Humas Himpunan Pedagang Pasar Klewer (HPPK), Kusbani saat dihubungi Timlo.net.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge