0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Harapan Perajin Rotan Dari Grebeg Penjalin

Wayang pandawa raksasa dari rotan dalam grebeg penjalin Desa Trangsan ()

Sukoharjo – Para perajin rotan Desa Trangsan sangat berharap kerajinan yang menjadi andalan desa sejak 100 tahun yang lalu ini kembali bangkit seperti pada masa tahun 90-an. Dengan Grebeg Penjalin yang rencananya rutin digelar setiap tahun, produk rotan Desa Trangsan bisa dikenal masyarakat luas.

“Industri rotan di Desa Trangsan ini bukan hanya faktor ekonomi, namun kultural yang diturunkan sejak lama. Lurah pertama Desa Trangsan yakni Demang Wongso yang memiliki keyakinan rotan akan membumi, dan kenyataan sudah 100 tahun bertahan,” kata Sekda Pemkab Sukoharjo, Agus Santosa, Senin (24/4).

Pemerintah Kabupaten Sukoharjo sangat mengapresiasi kegiatan Grebeg penjalin Desa Trangsan dan ke depan akan membantu membuatkan stan yang lebih baik. Selain itu untuk mendukung Desa Trangsan sebagai Desa Wisata, juga mempersiapkan berbagai fasilitas pendukung dan infrastrukturnya.

Kegiatan ini juga diharapkan bisa meningkatkan geliat pasar dalam negeri. Sebab, selama ini kebanyakan rotan diekspor ke luar negeri. Pasalnya, dahulu rotan ini menjadi mata pencaharian mayoritas masyarakat Desa Trangsan yang sudah merambah pasar internasional, mulai dari Asia hingga Amerika dan Eropa namun di pasar lokal justru kurang berkembang.

“Kami berharap dengan adanya showroom di desa ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk memamerkan serta menjual produk kerajinan rotan ini. Showroom diharapkan dapat menjadi penopang dan percepatan kemajuan desa wisata Trangsan,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge