0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Jaga Inflasi, TPID Tingkatkan Koordinasi

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo, Bandoe Widiarto (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo — Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Solo siap melakukan antisipasi untuk menjaga stabilitas harga pangan di kota Solo jelang Ramadhan. Upaya antisipasi tersebut dilakukan dengan cara meningkatkan koordinasi, komunikasi dan kerjasama antara daerah.

“Menjelang puasa ini memang kita sudah mengagendakan untuk menggelar High Level Meeting TPID se Soloraya. Dengan tujuan untuk mengantisipasi gejolak harga pangan,” ujarWakil Ketua TPID Solo, Bandoe Widiarto kepada wartawan, Minggu (23/4).

Tidak hanya itu, ia juga mengatakan akan mengintensifkan inspeksi mendadak (sidak) disejumlah pasar tradisional. Pasalnya sidak harga di pasar menjadi hal yang sangat penting, guna melihat perkembangan dan sebagai acuan untuk memformulasikan kebijakan dengan pemerintah daerah.

“Karena bagaimanapun, momen ramadhan dan lebaran biasanya tingkat konsumsi masyarakat meningkat. Sehingga untuk menjaga inflasi tidak tinggi, harus ada langkah konkrit yang harus kita lakukan,” jelasnya.

Menurut Bandoe, komponen dari sector volatile food selama ini masih cenderung mendominasi dalam mempengaruhi inflasi. Hal itu wajar terjadi, karena sistem pertanian yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia masih cukup tradisional. Sehingga ketika ada hama, dan cuaca yang tidak mendukung akan sangat berpengaruh terhadap pasokan barang.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge