0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sofyan Anief Resmi Menjabat Rektor UMS

(foto: Tyo Eka)

Sukoharjo – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mulai Sabtu (22/4) resmi memiliki Rektor baru, yakni Dr. Sofyan Anief, M.Si. Sofyan menggantikan Prof Dr. Bambang Setiaji setelah dilantik dan dikukuhkan oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir dan Ketua Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah, Lincolin Arsyad di Auditorium Moh Djazman UMS, Sabtu (22/4/).

“Selama 12 tahun UMS dipimpin oleh Prof Bambang, banyak kemajuan dan prestasi yang diraih oleh UMS,” ujar Haedar.

Ketua Umum PP Muhammadiyah mengemukakan, selama dipimpin Bambang selama 12 tahun, UMS berhasil menembus peringkat sembilan terbaik universitas di Indonesia. Kemudian berada di posisi 891 universitas terbaik di dunia.

Di bawah pimpinan Sofyan, Haedar berpesan, agar UMS menjadi lebih bagus lagi. Sebagai kampus yang memiliki ciri khusus yaitu Keislaman dan Kemuhammadiyahan, UMS diharapkan mampu melahirkan lulusan yang berkarakter dan memiliki lima keunggulan. Diantaranya religius, cerdas dan berilmu, mandiri, memiliki etos kerja tinggi serta sikap sosial kebangsaan yang luas.

Usai dilantik, Sofyan menyatakan siap untuk meneruskan prestasi yang diraih Bambang Setiaji.

“Pak Bambang telah membawa UMS jadi yang terbaik, semoga saya bisa meneruskan untuk UMS lebih baik dari sebelumnya,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah, Prof DYP Sugiharto mengatakan, UMS Rektor Bambang Setiaji memiliki prestasi yang luar biasa. Bambang mampu membawa UMS baik dikancah nasional maupun internasional. Dari 4.529 PTN/PTS yang ada di Indonesia, UMS mampu masuk diperingkat ke 57.

Kemudian dari 3.139 PTS di Indonesia, UMS masuk peringkat 16. Sedangkan di Jawa Tengah, dari 251 PTS, UMS masuk peringkat kedua. Bahkan LPPM UMS masuk menjadi 25 LPPM di Indonesia yang masuk dalam claster mandiri.

“Tentu ini sangat membanggakan, pak Bambang saya nilai cumlaude. Dan saat ini akreditasi UMS adalah B, semoga Rektor baru mampu membawa UMS terakreditasi A,” tandas Sugiharto.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge