0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Upacara Kartini di Karanganyar Sarat Makna

(Raymond)

Karanganyar — Suasana berbeda terlihat pada upacara bendera peringatan Hari Kartini ke-138 di halaman kantor Bupati Karanganyar, Jumat (21/4). Semua petugas upacara dari kaum hawa mulai penanggung jawab upacara, pemimpin upacara, komandan barisan, pengibar bendera, pembacaan UUD 1945, paduan suara, pembaca doa dan peserta upacara. Menariknya lagi, mereka mengenakan pakaian adat Jawa.

“Tidak ada lagi diskriminasi gender dalam kesempatan mengenyam pendidikan. Pemerintah memberikan kesempatan pada semua lapisan masyarakat sekolah du semua jenjang, terlebih adanya program sekolah gratis,” terang Bupati Karanganyar, Juliyatmono selaku pembina upacara.

Bupati Karanganyar menyampaikan, kaum perempuan berhasil mengemban misi emansipasi sebagaimana cita-cita luhur Kartini. Di bidang pendidikan, tak sedikit wanita modern meraih gelar akademis luar biasa.

Lebih lanjut, Bupati mengimbau kaum wanita agar memiliki tiga kepintaran yakni cerdas emosi, cerdas intelektual dan cerdas spiritual. Menurutnya, ketiga kepintaran itu membalut wanita lebih terhomat dan bermartabat.

“Para kaum wanita harus mampu menunjukkan kualitas dirinya di bidang masing-masing, akan tetapi juga tidak melupakan kodratnya sebagai wanita,” tandasnya.

Berbagai lomba dalam rangka menyambut Hari Kartini ke-138 makin menyemarakkan agenda tahunan itu di Karanganyar, diantaranya lomba rias, lomba cerdas cermat, lomba menyanyi, lomba membaca puisi yang diikuti seluruh anggota Dharma Wanita Karanganyar.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge