0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Woman Self Defence Jelang Kartinian

Kaum hawa belajar bela diri. () (Reymond)

Karanganyar — Kaum hawa bukan makhluk lemah yang hanya pasrah jadi sasaran pelaku kejahatan. Wanita juga mampu membela diri dan kaumnya seperti RA Kartini.

“Kegiatan Woman Self Defense adalah persembahan dan dedikasi Polwan Polres Karanganyar kepada para Kartini masa kini agar terhindar dari kejahatan dan pelecehan seksual ,” kata Kasubag Dalops Polres Karanganyar, AKP Suwarsi di hadapan para ibu rumah tangga saat mengajarkan bela diri dasar di halaman TK Bhayangkari Karanganyar, Kamis (20/4).

Para ibu rumah tangga itu didatangi polwan di sela waktu luang menunggui putra putrinya bersekolah. Dalam rangka menyambut Hari Kartini, polwan mengajak kaum hawa belajar menjaga keselamatan dirinya melalui teknik sederhana melawan dan bertahan.

Pelajaran pertama, ketika diserang penjahat dari arah depan, upayakan meninju di bagian manapun tubuh penjahat. Boleh di muka, di dada, perut dan di bagian kemaluan yang paling vital. Setelah itu, lari sekencangnya ke arah ramai sambil berteriak meminta tolong.

Pelajaran kedua, ketika diserang dari belakang, usahakan menginjak kaki si penjahat dengan kekuatan penuh, sambil menggigit tangannya serta lari sekencang-kencangnya.

Para ibu rumah tangga tampak antusias mengikuti berbagai gerakan bela diri yang diajarkan.

“Memaknai Hari Kartini bukan cuma seremonial atau mengenakan busana seperti Ibu Kartini, tapi bagaimana mengaktualkan perjuangannya agar kaum perempuan terus maju,” imbuh dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge