0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Game Stocklab Punya Misi Dongkrak Literasi

Kepala OJK Solo, Laksono Dwionggo (setyo pujis)

Solo – Dongkrak tingkat literasi keuangan masyarakat pada pasar modal, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) bersama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kota Solo hadirkan kompetisi game stocklab kepada para mahasiswa. Mereka yang menang di daerah akan mengikuti kompetisi ditingkat nasional pada Agustus mendatang.

“Lomba ini sebenarnya salah satu upaya kita untuk memberikan edukasi kepada mahasiswa. Tujuannya untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan, khususnya pada pasar modal,” ujar Kepala OJK Solo, Laksono Dwionggo kepada wartawan, Kamis (20/4).

Menurutnya, OJK bersama dengan BEI menggelar kompetisi stocklab tersebut di 19 kota di Indonesia. Mereka yang lolos di tingkat daerah, nantinya akan ditandingkan pada tingkat nasional bersamaan dengan hari ulang tahun pasar modal.

“Untuk Solo sendiri, ada 129 peserta yang kita libatkan dalam kompetisi ini. Mereka berasal dari 15 kampus yang saat ini telah memiliki gallery investasi yang bekerjasama dengan BEI,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan BEI Yogyakarta, Irfan Noor Riza dalam kesempatan yang sama menyampaikan,dengan adanya strategi tersebut diharapkan tingkat literasi dan inklusi keuangan masyarakat terhadap pasar modal dapat meningkat. Pasalnya hingga saat ini, tingkat literasi maupun inklusi tehadap pasar modal masih cenderung minim jika dibanding dengan lembaga keuangan perbankan.

“Kalau kita bandingkan dengan perbankan tentu sangat jauh, dari survey yang dilakukan pada 2016 untuk literasi keuangan pada pasar modal hanya diangka 4,4 persen. Sementara perbankan sudah mencapai 21.8 persen. Sedangkan tingkat inklusi  untuk pasar modal hanya 1,2 persen, sementara perbankan sudah melesat diangka 63,6 persen,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge