0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

RAy Febri H Dipokusumo : Kartini Masa Kini Harus Cerdas dan Tegar

Solo – Kaum wanita masa kini tak hanya dituntut mampu mengurus rumah tangga dan bersolek anggun. Hal tersebut seperti diungkapkan Wakil Ketua Himpunan Ratna Busana, RAy Febri H Dipokusumo. Pasalnya, hidup di era yang serba modern ini, wanita dituntut juga untuk cerdas, tegar, dan tegas.

“Wanita harus multitalent, tidak hanya pandai mengurus rumah tangga saja. Tapi juga berwawasan luas seperti aktif berorganisasi atau bekerja. Kalau hanya diam dirumah saja, bagaimana mau mendidik anak?,” tandas wanita yang aktif dalam salah satu komunitas wanita di Kota Bengawan itu, Kamis (20/4).

Meski dituntut tegas dan cerdas dalam mengelola rumah tangga, bukan berarti wanita harus berlomba-lomba sederajat dengan kaum adam. Dijelaskan Febri, wanita harus tetap berjuang sesuai hak dan kewajibannya.

“Emansipasi bukan sekedar menyamai laki-laki karena pada kodratnya laki-laki dan perempuan punya hak dan kewajiban berbeda. Kesetaraan gender bukan berarti sama persis, seperti Kartini yang berjuang dengan kecerdasannya, berjuang degan kain tradisional. Yang terpenting tetep manut suami,” imbuhnya.

Dia menilai, ketegaran seorang wanita sangat penting dalam keluarga. Hal tersebut lantaran wanita menjadi energi terbesar dalam sebuah keluarga.

“Seorang ibu harus bijaksana dan tegar supaya kelurga terbangun dengan baik. Karir dapet, suami dapet, anak juga bisa dididik,” kata dia.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge