0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penjaga Warung PS Nyambi Jualan Pil Koplo

Seorang penjual pil koplo ditangkap polisi (Raymond)

Karanganyar — Aparat Polres Karanganyar meringkus pengedar ribuan pil koplo asal Cangakan, Karanganyar Kota, Arifin Setiawan alias Bon Bon (21). Obat itu dijual pelaku secara ilegal ke remaja kampung.

“Obat ini tidak seharusnya dijual bebas. Ini obat harus dengan resep dokter. Jenisnya obat penenang yang biasa diminum penderita parkinson dan gangguan jiwa. Tapi oleh pelaku, dijual eceran secara sembunyi-sembunyi,” ujar Kapolres Karanganyar AKBP Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan dalam gelar barang bukti kasus penjualan obat tak berijin di Mapolres, Rabu (19/4).

Polisi meringkus Bon-bon di rumahnya pada Sabtu (15/4). Laporan dari masyarakat menyita perhatian aparat untuk menyelidiki kasus itu. Ternyata, Bon-bon cukup dikenal di kampungnya sebagai penjaga warung Play Station. Tak hanya itu, karena kerja sambilannya menjual eceran pil jenis hexymer trihexyphenidyl. Tiap kemasan eceran isi 10 butir dijualnya Rp 25 Ribu-Rp 30 Ribu. Sedangkan modal membeli satu toples pil itu berisi 1.000 butir Rp 1,2 Juta.

“Efeknya mirip mengonsumsi psikotropika. Membuat halusinasi,” lanjut Kapolres.

Atas perbuatannya ini, tersangka dijerat pasal 197 subsider pasal 196 UURI no 36 tahun 2009 tentang Kesehatan dengan ancaman hukuman penjara maksimal 15 tahun dan denda Rp 1 Miliar.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge