0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Delegasi 29 Negara Ikut Pantau Pilkada Jakarta

KPU RI (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengadakan kegiatan Election Visit Program 2017, bersama perwakilan negara-negara sahabat di pemungutan dan penghitungan suara Pilkada DKI Jakarta putaran kedua, Rabu (19/4).

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan bahwa partisipasi perwakilan dari negara-negara dilakukan sebab mereka ingin menyaksikan proses Pemilu di Indonesia.

“Mereka mau lihat proses Pemilu di tempat kita. Kita semakin transparan, kita semakin terbuka, bisa diakses apa pun kegiatan kita,” ungkapnya di Gedung KPU, Rabu (19/4).

51 delegasi dari 29 negara ikut dalam kegiatan ini. “Ada dari Hongaria, Amerika, Sri Lanka, Australia, beberapa negara,” katanya.

Ia menyampaikan bahwa apresiasi terhadap penyelenggaraan Pemilu di Indonesia mengalami peningkatan. Hal itu terbukti dengan banyaknya praktisi publik dari negara lain yang belajar Pemilu di Indonesia.

“Apresiasi publik meningkat buktinya sekarang banyak praktisi-praktisi publik beberapa negara belajar Pemilu di tempat kita,” ujarnya.

Tidak hanya itu, banyak juga komisioner KPU yang diminta untuk menjadi narasumber maupun sebagai tim pemantau Pemilu luar negeri.

“Banyak komisioner KPU diminta menjadi narasumber di luar. Banyak juga yang diminta untuk menjadi international observer di Pemilu beberapa negara,” tutupnya. [cob]

Sumber: merdeka.com

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge