0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pilkada Jakarta, 4.212 Napi Ikut Nyoblos

Napi LP Cipinang nyoblos (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Sebanyak 4.212 penghuni lembaga pemasyarakatan (Lapas) atau rumah tahanan negara (Rutan) di DKI Jakarta┬ájuga ikut serta memilih gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta putaran kedua. Mereka merupakan narapidana dan tahanan yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di 20 TPS pada 6 Lapas atau Rutan yang menyelenggarakan Pilkada 2017.

Kasubag Publikasi Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM, Syarpani mengatakan, dari data yang dimiliki pihaknya, penghuni lapas dan rutan di wilayah Lapas Narkotika Kelas IIA Jakarta tercatat dengan DPT terbanyak, yakni 1145 pemilih.

“Disusul WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan) Lapas Kelas I Cipinang sebanyak 1108 pemilih, dan WBP Rutan Kelas I Cipinang sebanyak 921 pemilih. Ketiganya merupakan UPT yang menyelenggarakan Pemilihan Gubernur Jakarta tahun 2017,” kata Syarpani melalui siaran pers yang diterima merdeka.com, Rabu (19/4).

Syarpani merinci, DPT di lapas dan rutan wilayah DKI Jakarta, di antaranya tersebar di Lapas Cipinang 1108 pemilih, Lapas Salemba 347 pemilih, Lapas Narkotika Jakarta 1145 pemilih, Rutan Cipinang 921 pemilih, Rutan Jakarta Pusat 421 pemilih dan Rutan Jakarta Timur 270 pemilih. “WBP yang terdaftar sebagai DPT di lapas dan rutan adalah mereka yang memiliki kartu tanda penduduk setempat dan sebelumnya telah melakukan perekaman data,” katanya.

Lanjut Syarpani menjelaskan, jauh sebelum penyelenggaraan Pilkada masing-masing lapas dan rutan telah berkoordinasi dengan KPU setempat untuk memberikan sosialisasi serta simulasi. Sehingga mereka mengetahui mekanisme pemilihan, tata cara pencoblosan, hingga cara memasukkan kertas suara ke dalam kotak suara.

“Untuk memudahkan WBP dalam memilih, pihak KPU setempat juga menyediakan Tempat Pemungutan Suara di masing-masing lapas dan rutan,” akhirnya. [bal]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge