0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Desain Kursi Roda Menyesuaikan Kebutuhan Pemakai

Teknisi profesional memasang piranti alat bantu bagi penyandang disabilitas (Reymond)

Karanganyar — Organisasi Harapan Nasional (OHANA) bersama Global Mobility dan Pelatihan Rehabilitasi Bersumberdaya Masyarakat (PPRBM) Solo menyelenggarakan workshop pemasangan kursi roda bagi penyandang disabilitas di kantor Dinas Sosial Karanganyar, Selasa (18/4). Dalam kesempatan itu dibagikan cuma-cuma 10 unit kursi roda.

“Kami mengampanyekan pemakaian kursi roda berdesain sesuai kebutuhan pemakainya. Perlu dimengerti bahwa satu kursi roda tidak bisa dipakai untuk semua jenis kecacatan,” kata Direktur OHANA, Risnawati Utami kepada wartawan.

Kehadirannya di Karanganyar bukan sekadar memberi bantuan kursi roda. Namun lebih pada mengadvokasi masyarakat dan pemerintah tentang alat bantu gerak penyandang disabilitas berdesain sesuain kebutuhan pemakainya. Di sini, OHANA menggandeng para teknisi berpengalaman asal negeri luar negeri. Para Assistive Technology Professional (ATP) itu mengerti betul keinginan pengguna kursi roda dan mengaplikasikan ke alat bantu itu.

Dikatakan, terdapat aneka jenis kursi roda seperti kursi roda khusus anak, sport, ditenagai listrik dan manual. Sayangnya metode terstandar pemakaian alat bantu gerak bagi penyandang disabilitas belum diterapkan di Indonesia. Padahal di negara maju, pemerintah setempat memberikan jasa konsultan pemakaian alat bantu itu yang terintegrasi program jaminan kesehatan.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge