0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Teknik Pengasapan Diklaim Ampuh Usir Tawon Ndas

(dok.timlo.net/indira jayendra iswari )
Solo — Banyaknya temuan sarang tawon ndas raksasa disepanjang tahun 2017 di Kota Bengawan tentu meresahkan warga. Terlebih bila tawon ndas bersarang di tengah pemukiman penduduk. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Solo, Gatot Sutanto mengimbau, sarang tawon ndas bisa ditangani masyarakat secara mandiri.

“Masyarakat bisa menangani mandiri, tapi kalau ukuran sarang tawon masih kecil. Kami belum bisa spesifik mengenai ukuran yang bisa ditangani sendiri atau bantuan Damkar. Saat ini kami sedang konsultasi dengan dokter hewan dari Dinas Pertanian terkait penanganan tawon ndas yang benar,” beber Gatot Sutanto, Senin (17/4).

Dijelaskan, sarang tawon ndas dapat dilumpuhkan dengan berbaga teknik. Yakni penyemprotan cairan anti serangga atau mengasapi tawon. Jika tawon sudah lengah dan meninggalkan sarang, sarang tawon bisa dibuang.

Untuk menghindari resiko disengat, dapat menggunakan pakaian lengan panjang, celana panjang, sepatu, sarung tangan, masker, dan helm. Bila tersengat, bisa ditangani dengan mengompres dengan es batu atau mengoleskan salep untuk meredakan nyeri.

“Tapi harus tetap waspada dengan sengatan. Kalau memang ukuran sarang tawon sudah terlalu besar lebih baik meminta bantuan Damkar. Layanan ini gratis bisa langsung menghubungi nomor 0271-655772/113,” tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, sepanjang bulan Januari hingga pertengahan April 2017 tercatat 10 laporan sarang tawon berukuran jumbo berhasil dimusnahkan Tim Damkar Solo. Beberapa sarang diantaranya terletak di tengah pemukiman penduduk.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge