0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lagi, Tim Damkar Solo Perang Melawan Ribuan Tawon

(dok.timlo.net/indira jayendra iswari )
Solo — Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Solo kembali disibukkan dengan sarang tawon yang meresahkan warga Tegalmakmur RT06 RW19, Kadipiro, Solo. Ribuan tawon yang bersarang di atap rumah salah satu warga, Muhammad Al-Muslim dimusnahkan.
“Tahunya baru kemarin, anak saya lihat ada sarang tawon gede di atap rumah. Kira-kira sebesar helm orang dewasa, sudah merambat sampai jemuran juga,” tutur Al-Muslim kepada wartawan, Senin (17/4).

Meski ribuan tawon yang bersarang diantara plafon dan genteng rumahnya selama ini tidak menganggu. Dirinya mengaku was-was akan terjadi hal tidak diinginkan.

“Apalagi disini banyak anak kecil, takutnya kalau diganggu malah ngentup. Apalagi nonton di berita iu ada anak dikejar tawon karena nyutiki sarangnya,” kata dia.

Dijumpai di lokasi pemusnahan sarang tawon. Kepala Dinas Damkar Kota Solo, Gatot Sutanto mengatakan selama bulan Januari hingga awal April 2017 sudah tercatat 10 laporan terkait sarang tawon raksasa.

“Ini yang ke 10, baru tahun ini banyak yang melapor. Nggak tahu lagi musim tawon apa gimana, kami juga berkoordinasi dengan dokter hewan dari Dinas Pertanian. Konsultasi juga terkait penanganan tawon ndas ini sudah benar apa belum,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga berupaya mencari alternatif selain memusnahkan tawon ndas. Pasalnya, Gatot menilai, tawon jenis tersebut bisa juga digunakan sebagai bahan penelitian.
“Mungkin kalau nemu kasus seperti ini lagi, kami bisa relokasi. Misalnya di kebun binatang untuk penelitian, jadi tidak asal dimusnahkan,” pungkasnya.

Sementara itu, sekitar 15 menit sarang tawon ndas tersebut berhasil dimusnahkan dengan fogging campuran cairan pembasmi serangga dan solar. Serta semprotan air dari satu Unit Costum Pomper.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge