0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pengiriman TKI Ilegal via Pesawat Carter Digagalkan

(merdeka.com)

Timlo.net – Pemberangkatan 13 warga negara Indonesia (WNI) ke Malaysia melalui Bandara Halim Perdana Kusuma digagalkan. Ke-13 WNI ini diduga kuat akan menjadi TKI tanpa melalui prosedur yang berlaku atau ilegal.

Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Selatan Cucu Koswala mengatakan jika ke-13 WNI ini berasal dari Palembang dan Blitar. Rencananya, mereka akan berangkat ke Malaysia dengan pesawat pribadi carter jet.

“Ke-13 orang tersebut dijemput oleh dua orang warga negara Malaysia. Setelah kita lakukan riksa 13 orang tersebut kemarin sampai dengan subuh semua mengaku akan bekerja di luar negeri di Malaysia tanpa prosedur yang seharusnya,” kata Cucu Koswala, Senin (17/4).

Dikatakan Cucu, saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan intensif terhadap ke-13 orang tersebut. Termasuk, dua orang WN Malaysia yang bertugas menjemput ke-13 WNI itu.

“Sekarang kita perdam ke 13 orang tersebut. Lalu ke dua orang Malaysia kita dalami perannya,” ujar dia.

Cucu menjelaskan alasan menunda pemberangkatan ke-13 WNI itu lantaran pihaknya ingin mencegah adanya tindak pidana perdagangan orang di Indonesia.

“Ini upaya imigrasi dan juga atas dukungan kementerian dan lembaga yang lain,” ucapnya.

Ditegaskan Cucu, untuk mencegah pemberangkatan TKI secara ilegal, saat ini pihaknya juga tengah memperketat pemberian paspor terhadap warga Indonesia. Sepanjang Januari sampai April, kantor Imigrasi Jaksel telah menunda pemberian paspor sebanyak dua ribu.

“Kami tidak bermaksud melarang warga Indonesia kerja di luar negeri tapi harus sesuai ketentuan dan prosedur yang berlaku,” jelas Cucu.

[eko]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge