0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

TNI AU dan UNS Sepakati Pembangunan Sekolah Unggulan

(dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto SIP dan Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Prof Dr Ravik Karsidi MS menandatangani piagam kerjasama, di Rektorat UNS, Solo, Senin (17/4). Kerjasama berkaitan penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan antara TNI Angkatan Udara dan UNS.

“Kita sepakat melakukan kerjasama mengenai penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan, meliputi kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat; pengembangan sekolah unggulan sebagai sekolah laboratorium (Lab School); pengembangan kualitas sumber daya manusia serta kegiatan lainnya dalam bidang pendidikan,” ungkap Rektor UNS Prof Dr Ravik Karsidi MS.

Sementara itu, menindaklanjuti piagam kerjasama, bersama acara tersebut juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Pembina Yayasan Ardhya Garini (Yasarini) Ibu Nanny Hadi Tjahjanto dengan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS Prof Dr Joko Nurkamto dan Wakil Rektor IV UNS Prof Dr Widodo Muktyo.

Dekan FKIP UNS mengatakan, sebagai salah satu langkah konkret kerjasama akan diwujudkan dalam pendirian SMA Pradita Dirgantara, yang peletakan batu pertamanya akan dilakukan dan berlokasi di depan Bandara Adi Soemarmo. ”Kita akan membentuk tim bersama guna menyusun persyaratan ijin pendirian sekolah, perencanaan fasilitas, penyiapan sumber daya manusia dan kurikulumnya,” jelasnya.

Prof Joko Nurkamto mengatakan, dalam pendirian SMA tersebut, selain dengan TNI AU dan UNS, juga berkoordinasi dengan Direktorat Pembinaan SMA Kemendikbud. “Di sini ada tiga pihak, TNI AU menyiapkan lahan dan prasarana, Kemendikbud nanti membantu untuk bangunan ruang belajarnya serta FKIP UNS menyiapkan model pendidikan, termasuk guru, kurikulumnya. SMA ini ke depan akan kita jadikan sebagai SMA unggulan dan Labschool,” jelasnya.

Lebih jauh Dekan FKIP UNS mengemukakan, SMA ini direncanakan menggunaakan sistem boarding school dilengkapi dengan berbagai fasilitas pembelajaran terpadu seperti perpustakaan digital, laboratorium, asrama, tempat ibadah, serta sport center.

“Dari sekolah ini kita harapkan akan menghasilkan lulusan yang unggul dalam kompetensi akademik, kepribadian, kepemimpinan,  teknologi informasi sekaligus cinta tanah air NKRI,” ujarnya.

Untuk mendukung itu, menurut Joko, FKIP UNS akan mempersiapkan sumber daya guru secara khusus dan pembinaan secara berkelanjutan. “Kita berikan jaminan kualitas, semua guru minimal S1 dengan tambahan kemampuan Bahasa Inggris, bilingual, dan ketrampilan IT sebagai syarat dasar,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge