0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

271 Peserta Ikuti UNBK Paket C

(foto: Tyo Eka)

Solo – Sebanyak 271 peserta mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2017 Program Pendidikan Kesetaraan Kelompok Belajar (Kejar) Paket C di kota Solo. UNBK Kejar Paket C tersebut berlangsung pada Sabtu-Minggu (15-16/4) dan Sabtu-Minggu (22-23/4).

“Pelaksanaan UNBK tersebut digelar di tiga sekolah menengah pertama negeri (SMPN) di kota Solo, yaitu SMPN 1, SMPN 4, dan SMPN 7,” jelas Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD & Dikmas) Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo, Tri Budi Santosa, Sabtu (15/4).

Tri Budi mengemukakan, peserta UNBK berasal dari peserta Program Kejar Paket C di tujuh pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM), yaitu Cahaya Rezeki, Kratonan, Syifa, Purwosari, Surya Mentari, Martarubi, dan Berdikari, serta Sanggar Kegiatan Belajar (SKB).

UNBK bagi para peserta Program Kejar Paket C, menurut Tri Budi, menindaklanjuti imbauan pemerintah pusat agar penyelenggaraan UN dilaksanakan dengan berbasis komputer. Namun demikian penyelenggara ujian bagi peserta Kejar Paket adalah PKBM, tetapi PKBM tidak memiliki sarana prasarana untuk UNBK, maka Pemerintah kota Solo memfasilitasi para peserta UNBK di tiga SMPN yang ditunjuk, yaitu SMPN 1, SMPN 4, dan SMPN 7.

Alasan pelaksanaan UNBK digelar pada Sabtu dan Minggu, dengan mempertimbangkan waktu bagi para peserta Program Kejar Paket C yang rata-rata sudah bekerja, karena diharapkan mereka bisa mengikuti ujian tersebut.

“Satu hari pelaksanaan, ujian digelar menjadi dua sesi, yaitu sesi pertama pukul 07.30 WIB-09.30 WIB dan sesi kedua pukul 10.30 WIB-12.30 WIB,” ujarnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge