0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Bawa Tiga Wanita, WN Tiongkok Dicokok di Bandara

Ilustrasi Paspor (merdeka.com)

Timlo.net — LP, perempuan asal Tiongkok ditangkap aparat Polresta Bandara Soekarno Hatta, Tangerang lantaran ketahuan membawa tiga wanita asal Subang untuk dijual ke warga Tiongkok.

Kapolresta Bandara Soekarno Hatta Kombes Pol Arif Rachman mengatakan LP tidak bekerja sendiri. Dia dibantu rekannya berinisial AL yang saat ini DPO. Tugas AL mencari perempuan muda di desa untuk ditawari menjadi tenaga kerja di Tiongkok. Dalam aksinya, AL memberikan uang kepada orang tua korban antara Rp 10 juta hingga Rp 15 juta.

“Untuk memancing orang tua korban diberi uang. Karena kebutuhan ekonomi, para orang tua ini mau saja anaknya dibawa,” katanya, Jumat (14/4).

Ketiga korban kemudian dibuatkan dokumen perjalanan palsu.

“Setelah ini mereka berupaya berangkat ke Tiongkok lewat Bandara Soekarno Hatta,” jelas Arif.

Kasus ini terungkap saat LP bersama tiga korban akan berangkat lewat Terminal 2. Mereka diamankan setelah petugas mengecek dokumen perjalanan ketiga korban ternyata palsu.

Menurut Kapolres, jika korban berhasil ke Tiongkok, selain jadi pekerja mereka juga akan dinikahkan dengan warga setempat yang menginginkan keturunan.

“Karena di sana ada aturan pembatasan memiliki anak, jadi orang sana ingin punya keturunan lebih. korban akan dieksploitasi,” pungkas Kapolres.

Dari tangan korban dan tersangka diamankan tiga paspor, tiket pesawat, sejumlah uang dan cincin kawin.

LP dijerat pasal 102 dan 103 UU No 39/2014 tentang perlindungan TKI jo Pasal 10 UU RI no 27/2007 tentang perdagangan orang. “Ancamannya di atas lima tahun penjara,” papar Arif.

[cob]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge