0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cegah Gangguan Kamtibmas, Kapolres Bentuk Polisi Santri

Kapolres Wonogiri AKBP Muhammad Tora (tarmuji)

Wonogiri — Polres Wonogiri menggandeng sejumlah Pondok Pesantren untuk menangkal segala bentuk gangguan Kamtibmas. Tak hanya itu saja, Polres juga mendorong terbentuknya santri kamtibmas atau santri polisi di setiap pemukiman warga.

“Tidak hanya polisi saja yang menegur atau mengingatkan mereka yang akan berbuat menyimpang. Jika itu pencegahan dilakukan temannya sendiri , saya yakin justru lebih mengena,” ujar Kapolres Wonogiri AKBP Muhammad Tora saat mengunjungi Ponpes Yayasan ‘Al-Barru’ Dusun Bulusari Desa Bulusulur Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, Jumat (14/4).

Menurut Tora, ponpes memiliki peran yang tidak kecil dalam menyiapkan generasi muda yang fakih namun juga memiliki wawasan kebangsaan, bela negara atau menjaga NKRI. Di tengah maraknya isu, disintegrasi bangsa dan Islam radikal yang muncul. Sehingga dibutuhkan kerjasama dengan menggalang persatuan dan kesatuan antarumat dengan aparat kepolisian. Dirinya berharap, did alam setiap RT dan RW ada pemuda santri sadar kamtibmas, hal ini untuk mengantisipasi kerawanan sosial yang nantinya akan muncul.

“Kita akan rangkul seluruh ponpes yang ada untuk mewujudkan Santri Kamtibmas atau Santri Polisi di Wonogiri. Setiap tiga bulan sekali kita akan evaluasi mendalam Ponpes itu. Karena ini penting, untuk mengetahui mana ponpes yang cinta NKRI mana yang tidak,” tandas dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge