0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kualitas Beras Rastra Mengecewakan

Wabup Karanganyar Rohadi Widodo menyidak beras rastra di Kelurahan Bejen (raymond)

Karanganyar — Ditemukan beras untuk keluarga sejahtera (rastra) berkualitas jelek saat inspeksi mendadak (sidak) penyaluran barang bersubsidi itu di Kelurahan Bejen, Karanganyar Kota, Kamis (13/4). Selain berbau apak, bulirannya becah dan berubah warna.

“Sepertinya karena terlalu lama disimpan di gudang jadi seperti ini,” ujar Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo kepada wartawan sambil memperlihatkan buliran beras paket rastra.

Dirinya memimpin sidak bersama tim Bagian Perekonomian Setda Karanganyar di lokasi dropping rastra itu. Kebetulan, Kecamatan Karanganyar Kota mendapat giliran penyaluran rastra dari gudang bulog di Triyagan, Mojolaban, Sukoharjo. Diturunkan 204 paket kepada rumah tangga sasaran di kelurahan ini. Awalnya, Wabup menyaksikan kuli menurunkan karung beras ke tempat penyimpanan di kantor kelurahan. Di sana terdapat ceceran beras dari sejumlah paket yang kemasannya jebol. Di situ dia dan tim melihat buliran padi hancur, berbau apak dan berwarna kekuningan alias tidak putih selayaknya beras petas.

“Masih bisa ditanak. Tapi pasti rasanya tidak enak,” katanya.

Dalam sidak itu, ia memerintahkan sebagian staf bagian perekonomian Setda mengambil sampel rastra di gudang bulog Triyagan. Saat dibandingkan dengan rastra di Bejen, ternyata jauh berbeda.

Penting diketahui, RTS penerima manfaat rastra menerima empat paket beras kualitas medium itu di bulan April 2017. Beras hasil serapan bulan November 2016 itu sempat tertahan penyalurannya selama berbulan-bulan karena menunggu data valid penerima manfaat program pemerintah pusat itu.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge