0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kebiasaan Sehat yang Harus Ditanamkan Pada Anak

Membaca. (Dok: Timlo.net/ Telegraph.co.uk.)

Timlo.net—Banyak orang tua mengeluh jika anak-anak mereka tidak mematuhi perintah mereka. Terutama perintah untuk anak menggosok gigi sebelum tidur atau makan sayuran. Tapi jika kebiasaan-kebiasaan seperti ini tidak ditanamkan pada anak sejak usia dini, kebiasaan itu tidak akan menjadi rutinitas bila mereka dewasa kelak. Lantas kebiasaan seperti apa saja yang harus ditanamkan orang tua pada anak sejak usia dini?

Ajarkan anak tentang kesehatan gigi

Ajarkan anak untuk menggosok gigi di pagi dan malam hari. Selain itu ajarkan anak untuk merawat kebersihan gigi dengan cara lain termasuk memakai benang gigi atau obat kumur. Orang tua juga harus mendorong anak melakukan pemeriksaan berkala ke dokter gigi. Mereka juga harus mengajarkan efek buruk dari kebiasaan makan makanan manis dan dosa terhadap kesehatan gigi.

Ajarkan pentingnya beraktivitas

Dalam dunia modern ini, banyak anak menghabiskan waktu bermain di rumah. Mereka senang bermain game di komputer, konsol game atau smartphone daripada bermain di luar. Oleh karena itu, orang tua harus mengajarkan pentingnya berolahraga dan tetap aktif. Jadilah teladan bagi anak-anak dengan memiliki gaya hidup aktif. Ajaklah anak-anak bermain di taman dan bermainlah dengan mereka.

Ajarkan pentingnya membaca

Membaca adalah kebiasaan yang tidak ternilai harganya untuk anak saat mereka tumbuh dewasa. Terlebih jika mereka ingin belajar ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, membaca adalah sebuah keterampilan yang harus dikembangkan. Pada anak-anak, membaca bisa meningkatkan keterampilan bahasa mereka secara drastis. Setiap malam, sediakanlah waktu untuk membaca buku cerita bersama anak-anak. Pada akhirnya, mereka akan memiliki kebiasaan membaca sendiri.

Sumber: Times of India.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge