0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tim Pengamanan VVIP Gelar Simulasi Pengamanan Presiden

Simulasi pengamanan VVIP (foto: Putra)

Sukoharjo – Sejumlah karyawan PT. RUM Nguter dan pejalan kaki di sekitar Simpang Lima Sukoharjo diamankan petugas gabungan TNI di bawah komando Korem 074 Warastratama. Mereka dicurigai akan mengganggu acara kunjungan kerja Presiden Joko Widodo di sejumlah lokasi di Sukoharjo.

“Ini adalah bagian dari sebuah simulasi dalam peningkatan kesiapsigaan anggota TNI di lingkup Korem 074 Warastratama, Solo dan sebagai penyelenggara Kodam IV Diponegoro. Lokasi yang kita gunakan adalah sampling dari kebiasaan Presiden saat melakukan kunjunga kerja,” kata Kawasdal kegiatan, Kolonel Inf Riyanto, Kamis (13/4).

Simulasi dan pelatihan pengamanan VVIP diikuti oleh anggota gabungan TNI dan Polri di bawah lingkup Korem 074 Solo yang diselenggarakan oleh Kodam IV Diponegoro. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan serta kesiapsiagaan anggota Korem, mengingat Presiden Joko Widodo berasal dari Solo.

Sejumlah lokasi menjadi pusat pelatihan dan simulasi kali ini, mulai dari Bandara Adi Sumarmo, Pasar Klewer Solo hingga PT. RUM Di Nguter Sukoharjo dan Kantor Pemkab Sukoharjo. Selain itu simulasi pengamanan juga dilakukan tidak hanya di titik lokasi, namun mencakup covering area di dalam kota dengan radius yang sudah ditentukan seperti di pusat kota.

“Kita melibatkan seluruh anggota Korem dan TNI gabungan serta Polri dari Polres Sukoharjo serta Pemerintah Kabupaten sendiri. Dan tidak hanya Presiden saja, seluruh Kepala Negara beserta keluarga, tamu kenegaraan sejajar Kepala Negara dan mantan kepala Negara juga menjadi obyek pengamanan VVIP sesuai amant Undang-undang,” tandasnya.

Dalam pelatihan pengamanan VVIP kali ini dilakukan seperti kejadian yang sebenarnya lengkap dengan petugas Pasukan Pengawal Presiden, tim khusus TNI dan Polri, hingga petugas Satlantas. Beberapa personel sniper juga disebar di sejumlah lokasi, serta menurunkan kendaraan tempur Panser Anoa.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge