0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Blanko E-KTP Kosong, Ribuan Data Terancam Tak Bisa Dicetak

Ilustrasi e-KTP (dok.timlo.net/gg)
Wonogiri — Untuk memenuhi kebutuhan pencetakan e-KTP perekaman data baru dan perubahan data, Dispendukcapil Wonogiri mengajukan permohonan blanko ke Kementrian Dalam Negeri( Kemendagri). Namun demikian, dari total data yang sudah terekam terdapat 5.253 data kependudukan bakal tidak bisa dicetak lantaran adanya kendala teknis.
“Dari informasi yang kita terima, blanko itu akan didistribusikan April ini. Kita berharap permohononan blangko sesuai yang dibutuhkan yakni  54.170 blangko dengan perincian untuk pencetakan rekam baru sebanyak 18.060 keping dan perubahan data 36.110 keping,” kata Kepala Dispendukcapil Wonogiri, Sungkono, Kamis(13/4).
Menurut dia, seluruh perubahan data lama dapat dicetak. Sedangkan tidak semua data perekaman baru, yakni 18.060 data, bisa dicetak. Dari jumlah itu, data yang siap dicetak atau print ready record sebanyak 12.807.
“Selebihnya sebanyak 5.253 data belum dapat dicetak karena berstatus bio captured sebanyak 5.178 data, processing 49 data, dan sent for enrollment 26 data,” kata dia.
Ditambahkan, data yang tidak dapat dicetak lantaran adanya kendala teknis yakni akibat proses penunggalan data di tingkat pusat terhenti lantaran ada gangguan server.
“Tidak hanya di Wonogiri saja, tapi ini terjadi dalam skala nasional. Tapi tak perlu kuatir, ada surat keterangan sebagai penggantinya yang fungsinya sama dengan e-KTP,” tandasnya.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge