0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemerintah Stabilkan Harga Bawang Merah

Pedagang bawang di pasar (dok.timlo.net/red)

Timlo.net – Harga bawang merah di tingkat petani terus anjlok. Di daerah Tulungagung, Jawa Timur misalnya, harga bawang merah di tingkat petani hanya Rp 8.000 per Kg. Turunnya harga disebabkan karena sudah memasuki musim panen.

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman mengatakan akan menahan stok bawang yang akan didistribusikan ke pasar agar harga kembali naik.

“Yang menarik, harga di Tulungagung Rp 8.000 per Kg sehingga ratusan bahkan ribuan ton bawang merah ditahan di sana,” kata Menteri Amran di Jakarta, Kamis (13/4).

Selanjutnya, Amran juga meminta Badan Usaha Logistik (Bulog) untuk membeli bawang merah di tingkat petani dengan harga yang tinggi. Stok ini nantinya akan disimpan di gudang Bulog.

“Kami minta Bulog kemarin langsung beli Rp 15.000 per kg, agar petani untung dan harga di pasar juga baik,” ujarnya.

Di sisi lain, harga cabai merah keriting di pasaran juga terpantau turun. Amran menyebut, ini terjadi karena gerakan tanam cabai nasional yang digaungkan pemerintah beberapa waktu lalu. Meski demikian, Amran berjanji akan tetap menjaga harga cabai tetap sehat dan tidak anjlok.

“Terima kasih ibu-ibu PKK ikut tanam cabai. Cuma kita khawatirkan harga justru bisa turun dan merugikan petani karena dulu pernah sampai Rp 160.000 per Kg.”

[idr]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge