0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gandeng Ikaboga, Rutan Solo Beri Ketrampilan Warga Binaan

Warga binaan Rutan Solo diberikan ketrampilan memasak (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Nonik (34) nampak lihai membuat adonan bahan pembuat kroket. Warga Binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Solo yang tersangkut kasus Narkoba ini menikmati sekali saat mendapat pelatihan dari Himpunan Ikatan Ahli Boga Indonesia (Ikaboga) Solo dalam membuat makanan tersebut.

“Saya senang memasak, kebetulan ada pelatihan ini,” kata Nonik di sela kesibukannya membuat adonan.

Usai adonan dari tepung terigu itu selesai, Nonik memasukkan ke dalam wajah di atas kompor. Api yang dinyalakan juga sangat kecil supaya adonan yang dibuat dapat kalis dan tercampur sempurna. Usai tahapan tersebut, adonan yang telah kalis dibentuk menjadi lonjong dan dimasukkan kedalam tepung roti serta adonan telur. Setelah itu, didiamkan beberapa saat lalu dimasukkan kedalam minyak mendidih.

“Menggorengnya jangan terlalu lama, nanti gosong,” kata Nonik kepada wartawan yang waktu itu meliput.

Ya, kegiatan ini merupakan kerjasama dari Rutan Solo bekerjasama dengan Himpunan Ikaboga Kota Solo untuk membekali warga binaan dengan ketrampilan. Sehingga, mereka tidak kembali melakukan perbuatan yang menyimpang dari hukum.

“Kebanyakan, mereka yang kesini lantaran himpitan ekonomi. Maka dari itu, kami bekali ketrampilan supaya mereka tidak kembali melakukan kejahatan dan kembali ke jalan yang benar,” terang Kepala Seksi Pelayanan Tahanan Rutan Kota Solo, Solichin mewakili Karutan Solo, Oga Geoffani Darmawan, Kamis (12/4) siang.

Di tempat yang sama, Ketua Ikaboga Kota Solo, Abdul Kadir mengaku, upaya yang dilakukan merupakan salah satu kegiatan sosial. Mereka, memiliki anggota yang ahli di bidang masing-masing mulai dari memasak, potong rambut hingga merangkai bunga dan ketrampilan yang lain.

“Kedepan, jika mereka telah bebas bisa diajak kerjasama sesuai keahlian yang diberikan,” terangnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge