0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mufakat, Arief Budiman Terpilih Sebagai Ketua KPU RI

Arief Budiman terpilih jadi Ketua KPU RI (merdeka.com)

Timlo.net — ┬áRapat Pleno tujuh Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyepakati menunjuk Arief Budiman sebagai Ketua KPU Periode 2017-2022. Penunjukan Arief Budiman berdasarkan hasil musyawarah mufakat.

“Rapat Pleno Rabu 12 April menetapkan Arief Budiman sebagai Ketua KPU Periode 2017-2022,” kata Komisioner KPU Hasyim Asy’ari membacakan hasil rapat pleno di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Rabu (12/4).

Rapat pleno juga memutuskan, Hasyim Asy’ari sebagai anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dari unsur KPU. Selain menunjuk posisi Ketua KPU dan anggota DKPP, rapat pleno juga telah menetapkan tiap komisioner yang ditunjuk sebagai Penanggung Jawab Divisi Kerja. Komisioner KPU Ilham Saputra ditunjuk sebagai Penanggung Jawab Divisi Teknis Penyelenggaraan. Hasyim Asy’ari ditunjuk sebagai Wakil Ketua. Pramono Ubaid Tanthowi ditunjuk sebagai Penanggung Jawab Divisi Perencanaan, Keuangan dan Logistik. Wakil Ketua Divisi ini dijabat oleh Viryan.

Penanggung Jawab Divisi Hukum dan Pengawasan dijabat oleh Hasyim Asy’ari dan Evi Novida Ginting Manik dipercaya sebagai Wakil Ketua. Penanggung Jawab Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Pengembangan SDM dipercayakan kepada Wahyu Setiawan dan Wakil Ketua dipercayakan kepada Ilham Saputra.

Penanggung Jawab Divisi Hubungan Masyarakat, Data Informasi dan Hubungan Antar Lembaga dipercayakan kepada Viryan dan Wakil Ketua dijabar oleh Pramono Ubaid Tanthowi. Evi Novida Ginting Manik ditunjuk sebagai Penanggung Jawab Divisi Umum, Rumah Tangga dan Organisasi. Wahyu Setiawan ditunjuk sebagai Wakil Ketua.

Hasyim Asy’ari menambahkan, rapat pleno juga menetapkan tiap Komisioner yang ditunjuk sebagai Penanggung Jawab Koordinasi Wilayah. Koordinator wilayah Provinsi Jambi, Riau, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Sulawesi Barat dan Papua Barat diketuai oleh Wahyu Setiawan dengan Wakil Ketua Evi Novida Ginting Manik.

Pramono Ubaid Tanthowi ditunjuk sebagai Koordinator Wilayah untuk Provinsi Kepulauan Riau, Bengkulu, Banten, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat dan Maluku Utara. Hasyim Asy’ari ditunjuk sebagai Wakil Ketua.

Koordinator untuk wilayah Aceh, Sumatera Selatan, Jawa Timur, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Tenggara diketuai oleh Ilham Saputra dengan Wakil Ketua Wahyu Setiawan. Koordinator untuk wilayah Provinsi Lampung, Jawa Barat, Sulawesi Utara, NTT dan Maluku diketuai oleh Viryan dengan Wakil Ketua Pramono Ubaid Tanthowi.

Koordinator untuk wilayah Provinsi Sumatera Utara, Bangka Belitung, Daerah Istimewa Yogyakarta, Bali, Gorontalo dan Kalimantan Utara diketuai oleh Evi Novida Ginting Manik dengan Wakil Ketua Viryan. Hasyim Asy’ari ditunjuk sebagai Koordinator untuk wilayah Provinsi Sumatera Barat, DKI Jakarta, Kalimantan Tengah, NTB, Sulawesi Tengah dan Papua.

KPU Periode 2017-2022 diisi lima wajah baru yakni Ilham Saputra, Evi Novida Ginting Manik, Wahyu Setiawan, Pramono Ubaid Tanthowi dan Viryan. Sisanya, dua Komisioner merupakan wajah lama yaitu Hasyim Asy’ari dan Arief Budiman yang kini menjabat sebagai Ketua KPU.

Tujuh Komisioner dilantik oleh Presiden Joko Widodo Istana Negara berbarengan dengan pelantikan lima Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Periode 2017-2022. Pelantikan tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 43 Tahun 2017 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Komisioner Komisi Pemilihan Umum.

[noe]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge