0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Belajar Pemilu di Lorong Demokrasi Wonogiri

Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Ketua KPU Jateng Joko Purnomo dan Ketua KPU Wonogiri Mat Nawir saat launching Rumah Pintar Pemilu atau Lorong Demokrasi (dok.timlo.net/tarmuji)
Wonogiri — Sebagai sarana edukasi masyarakat dan pelajar, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri melaunching Rumah Pintar Pemilu (RPP) atau Lorong Demokrasi di kantor KPU Wonogi Jl Gunung Gandul, Joho Lor, Wonogiri, Rabu (12/4). RPP juga sebagai wahana untuk pendidikan Pemilu dan demokrasi bagi pelajar sebagai pemula, masyarakat dan pemerhati Pemilu dan demokrasi di Wonogiri.
“RPP ini kami rancang dengan memanfaatkan atau optimalisasi ruangan yang ada di kantor KPU Wonogiri,” kata Ketua KPU Wonogiri, Mat Nawir.
Disampaikan, Lorong Demokrasi merupakan tempat pembelajaran Pemilu yang terdiri empat ruangan seperti ruang panel display, perpustakaan dan ruang baca, ruang audio visual dan ruang diskusi, dan ruang simulasi. Ruang-ruang tersebut tertata sedemikian representatif.
Salah satunya ruang audio visual, kata Mat Nawir, di dalam ruang itu telah disiapkan pemutaran slide dan film sederhana seputar Pemilu mulai Pemilu 1955 hingga Pemilu 2014 dan Pilkada, baik Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng, dan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Wonogiri.
Ketua KPU Jateng Joko Purnomo mengatakan, RPP merupakan salah satu tindak lanjut surat edaran dari KPU pusat perihal fasilitasi pendidikan Pemilu. Diharapkan dengan adanya RPP, tingkat partisipasi pemilih di Wonogiri semakin meningkat.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge