0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Insiden Pesan Anti Ahok di Komik X-Men, Marvel Akhiri Kontrak Dengan Ardian Syaf

Cover X-Men Gold. (Dok: Timlo.net/ Newsarama.com)

Timlo.net—Marvel akhirnya mengkonfirmasi jika mereka mengakhiri kontrak mereka dengan ilustrator/penciler komik asal Indonesia, Ardian Syaf. Berikut ini pernyataan yang mereka berikan kepada ComicBook.com:

“Marvel telah mengakhiri kontrak Ardian Syaf efektif dengan segera. “X-Men Gold” #2 dan #3 yang menyertakan karyanya sudah dikirim ke mesin cetak dan akan terus dipasarkan per dua minggu. Edisi #4, #5 dan #6 akan digambar oleh R.B Silva dan edisi #7, #8 dan #9 akan digambar oleh Ken Lashley. Seorang seniman pengganti permanen akan ditugaskan untuk ‘X-Men Gold’ dalam beberapa minggu mendatang.”

Penciler Indonesia, Ardian menyusupkan beberapa pesan tersembunyi dalam komik “X-Men Gold” edisi pertama. Pesan-pesan itu adalah angka 212 yang tertera di salah satu bangunan dan tulisan QS 5: 51 dalam kaos yang dipakai salah satu karakter. Keduanya mengacu pada demonstrasi 212 dan dugaan penistaan agama yang dilakukan Ahok. “Saya memberitahu kepada Marvel semua kebenarannya [sic] arti arti nomor itu. Mari lihat bagaimana Marvel akan bertindak,” tulis dalam sebuah chat.

Sebelum pernyataan dari Marvel itu, Ardian menulis dalam halaman Facebooknya dalam Bahasa Inggris jika karirnya sudah berakhir. Dia menyatakan jika hal ini adalah akibat dari perbuatannya dan dia menerima hal itu. Tulisan ini memperoleh 1,9 ribu komentar. Komentar para netizen beragam. Ada yang membela dan menenangkan Ardian menyatakan jika dia akan memperoleh pekerjaan lain. Ada juga para netizen yang marah dan mengkritik sikapnya.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge