0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Biro Wisata Solo Belum Lakukan Sertifikasi, Ini Kata Asita

Ketua Asita Solo, Daryono (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo — Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Solo minta pemerintah kota (Pemkot) agar lebih aktif dalam melakukan sosialisasi mengenai sertifikasi usaha perjalanan wisata. Pasalnya memang tidak dipungkiri, bahwa karena minimnya dorongan dan sosialisasi tersebut belum ada agen maupun biro perjalanan wisata di Solo yang tersertifikasi.

“Memang kita akui bahwa untuk sertifikasi usaha ini belum ada yang melakukan. Namun demikian untuk sertifikasi sumber daya manusia di Solo ini sudah cukup banyak,” ujar Ketua Asita Solo, Daryono kepada wartawan, Rabu (12/4).

Menurutnya, belum adan biro wisata di Solo yang melakukan proses sertifikasi usaha karena memang minim dorongan dan sosialisasi. Bahkan Asita sendiri saat ini juga belum fokus pada sertifikasi usaha, melainkan masih berkutat untuk mendorong anggotanya dalam melakukan sertifkasi profesi bagi para SDM nya.

Seperti diberitakan sebelumnya, menurut Kasi Verifikasi Perizinan Pekerjaan Umum Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Solo, M Nasrullah dari sekitar 68 biro dan 56 agen perjalanan wisata di Solo beum ada satupun yang melakukan sertifikasi. Padahal mengacu pada Permenparekraf No.4/2014, bahwa setiap usaha jasa perjalanan pariwisata wajib mengantongi sertifikasi guna melakukan standarisasi dan meningkatkan daya saing usaha.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge