0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Seluruh Biro Wisata di Solo Belum Lakukan Proses Sertifikasi

Solo — Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Solo mendorong para pelaku usaha perjalanan wisata untuk melakukan sertifikasi. Pasalnya mengacu kepada Permenparekraf No.4/2014, bahwa setiap usaha jasa perjalanan pariwisata wajib mengantongi sertifikasi guna melakukan standarisasi pelayanan.

“Kita saat ini coba terus lakukan sosialisasi kepada mereka. Karena regulasi ini dibentuk sebagai upaya untuk meningkatkan daya saing usaha,” ujar Kasi Verifikasi Perizinan Pekerjaan Umum Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Solo, M Nasrullah kepada wartawan, Rabu (12/4).

Menurutnya, sejak peraturan ini diterbitkan belum ada satupun agen ataupun biro perjalanan wisata di Solo yang sudah tersertifikasi. Sehingga untuk mendorong itu, upaya sosialisasi akan terus dilakukan kepada para pelaku usaha.

“Untuk di Solo sendiri ada sekitar 68 biro dan 56 agen perjalanan wisata. Dan sampai saat ini belum ada satupun yang melakukan proses sertifikasi,” tandasnya.

Dirinya tidak menampik, bahwa minimnya kesadaran pelaku usaha untuk melakukan upaya sertifikasi karena belum paham dengan baik soal regulasi tersebut. Oleh karena itu, langkah yang akan dilakukan dalam waktu dekat bukanlah pada penegakan hukum melainkan edukasi dan sosialisasi.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge