0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tekan Kebocoran, PDAM Bakal Ganti Pipa yang Usang

Direktur Teknik PDAM Tirto Negoro Sragen, Samuel Rudhianto (agung)

Sragen — Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirto Negoro Sragen berencana bakal mengganti pipa jaringan distribusi yang sudah usang dan tidak layak. Untuk tahap awal jaringan pipa yang diganti adalah jalur Jalan Cokroaminoto, RA KArtini, Setiabudi hingga Jalan Agus Salim.

“Pipa di sepanjang jalur itu memang sudah puluhan tahun belum diganti. Bahan pipanya dari ACP atau asbes, jadi mudah pecah hingga rawan terjadi kebocoran,” kata Direktur Teknik PDAM Tirto Negoro Sragen, Samuel Rudhianto.

Samuel menjelaskan, selain karena sudah usang, pipa tersebut posisinya juga terletak sekitar dua meter dari tepi jalan dengan kedalaman lima meter. Hal itu terjadi lantaran jalan semakin diperlebar dan tambah tinggi. Dengan posisi seperti itu akan sulit mengatasi kalau terjadi kebocoran.

“Kalau pipanya semakin di dalam, tentu kebocoran akan sulit terdeteksi'” ujarnya.

Untuk tahap awal ini pipa diganti berada pada jalu mulai Tugu Adipura hingga pertigaan Harmoni (Jalan Cokroaminoto, RA KArtini, Setiabudi hingga

Jalan Agus Salim) atau ring road selatan dengan panjang sekirar 10 kilometer.

Pipa yang lama jenis ACP dengan diameter 200 mm,  nantinya bakal diganti dengan pipa jenis PVC dengan diameter 250 mm yang berbahan lebih baik dan kuat.

Samuel berharap dengan pergantian pipa bisa menekan angka kebocoran air yang saat ini masih mencapai 29 persen.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge