0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sensus Ekonomi BPS Gandeng Dinas Kominfo

Wakil Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko (dok.timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Tengah menggelar rapat teknis bersama seluruh BPS kabupaten/kota, di Solo Baru. Di dalam agenda rapat kali ini, juga dilakukan MoU antara BPS dengan Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) dalam melakukan pendataan dan Sensus Ekonomi 2017.

“Pemerintah punya tugas melakukan pendataan sektoral dan BPS memberikan kami kesempatan khususnya teman teman di Dinas Komunikasi dan Informasi disertakan dalam rapat teknis BPS. Dan bahkan saya harapkan BPS mau membimbing teman-teman dari Kominfo,” kata Wakil Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko, Selasa (11/4).

Selama ini pemerintah dinilai belum maksimal dalam melakukan pengolahan dan penggalian data informasi yang diperoleh dengan kegiatan statistik. Sehingga dengan adanya MoU antara BPS dan Dinas Kominfo diharapkan bisa meningkatkan kemampuan petugas dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

Data statistik yang dihasilkan BPS selama ini sangat membantu pmerintah dalam menjalankan program-program kerjanya. Bahkan sebagian data yang dihasilkan metinya menjadi tugas dari pemerintah sendiri dalam melakukan pendataan sektoral yang berbasis desa atau di tingkat mikro.

“Nantinya kerjasama ini adalah bagi tugas antara pemerintah dengan BPS sesuai UU BPS yang mengamantkan begitu. Pemerintah akan melakukan pendataan statistik di tingkat desa by name by adress, sedangkan BPS bertugas melakukan pendataan statistic di tingkat makro,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge