0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Peneliti: Banyak Ngemil Kunci Turun Berat Badan

Makanan sehat. (Dok: Timlo.net/ Google Images)

Timlo.net—Sering ngemil sekarang dianggap sebagai cara terbaik untuk menurunkan berat badan. Menurut kepala the National Obesity Forum, Profesor David Haslam kebiasaan makan tiga kali sehari sudah kuno. Jika orang ingin tetap ramping, menurut Prof. David mereka lebih baik menambah frekuensi ngemil dan makan dengan porsi lebih sedikit.

Pernyataan sang profesor sendiri merupakan salah satu pernyataan yang sering diperdebatkan dalam kalangan medis. Perdebatan itu adalah manakah yang lebih baik: makan sedikit dan lebih sering atau makan tiga kali sehari. David sendiri percaya jika ngemil cemilan sehat merupakan solusi jitu untuk orang-orang yang bekerja. Hal ini karena mereka sulit makan dengan waktu teratur di tengah kesibukan kerja.

Konsep makan tiga kali sehari adalah konsep kuno dan manfaat yang sama bisa dicapai dengan makan cemilan sehat sepanjang hari. Memberikan makan tubuh dengan cemilan berbahan sayuran dalam jumlah kecil dan sering memastikan sistem metabolisme Anda terangsang secara teratur dan menyediakan asupan gizi yang terus menerus kepada tubuh, hal ini khususnya penting untuk gaya hidup modern yang sibuk,” terang David dilansir oleh Daily Mail.

The American Heart Association telah memperingatkan jika melewatkan sarapan meningkatkan resiko obesitas, serangan jantung dan diabetes. Mereka juga mengatakan jika orang makan tiga kali sehari, mereka sebaiknya jangan ngemil di antara waktu makan.

Profesor Mike Lean, profesor nutrisi dari Glasgow University berkata jika ide ngemil ini seharusnya jangan didukung. “Hanya ada sedikit keraguan jika perubahan terbesar dalam perilaku orang sehingga terjadi obesitas selama lebih dari 40 tahun adalah penurunan waktu makan bersama keluarga dan promosi komersial cemilan oleh perusahaan makanan. Makanan cemilan komersil biasanya tinggi kalori, terutama dari lemak dan gula. Cemilan ini menyebabkan makan tidak teratur dan konsumsi berlebihan, terutama jika orang-orang minum minuman yang sangat manis sepanjang waktu,” ujarnya.

Sementara itu Profesor David memperingatkan orang untuk mengimbangi cemilan buah kaya gula dengan banyak sayuran segar. Rupanya David juga mempromosikan serangkaian cemilan sehat.

Tam Fry dari the National Obesity Forum berkata, “Makan makanan bernutrisi dalam porsi sedikit dan sering sama baiknya dengan makan tiga kali sehari dan kadang-kadang lebih baik, karena makan dalam porsi besar seringkali membuat orang makan berlebih yang bisa membuat asupan kalori mereka melebihi kebutuhan harian.”

Badan Kesehatan Inggris, NHS sendiri berkata banyak orang ngemil di sela-sela aktivitas untuk menjaga tingkat energi mereka. Terutama mereka yang memiliki gaya hidup aktif. Badan ini menyarankan orang memilih buah dan sayuran sebagai cemilan daripada coklat dan keripik.

Para ahli lain berpendapat berbeda. Penelitian dari the Academic Medical Centre di Amsterdam, Belanda menyimpulkan jika ngemil, terutama makanan berlemak dan tinggi gula buruk untuk kesehatan hati. Sementara makan makanan porsi besar menimbulkan tumpukan lemak perut.

Prof. David berkata: “Diet tinggi sayuran juga makanan kaya serat dan rendah gula akan menjaga Anda sehat dan tetap kenyang dalam waktu lama. Walaupun kurang nyaman dikonsumsi sebagai cemilan, sayuran mengandung gula alami lebih sedikit jadi lebih bernutrisi.”

 

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge