0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Polda Jateng Siap Amankan Jumenengan PB XIII

Ilustrasi ()

Solo — Jajaran Polda Jawa Tengah siap mengamankan prosesi Jumenengan atau peringatan naik tahta PB XIII yang bakal digelar pada 22 April mendatang. Pengamanan yang dilakukan, untuk mengantisipasi terjadinya hal tidak diinginkan saat prosesi sakral itu terjadi.

“Sejauh ini, kami masih membahas berapa personel yang akan diperbantukan ke Polresta Surakarta saat prosesi itu digelar,” terang Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Djarot Padakova saat dihubungi Timlo.net, Selasa (11/4) pagi.

Perwira melati tiga ini mengaku, pihaknya bersifat netral atau tidak memihak baik kubu dari Dewan Adat ataupun Satgas Panca Narendra atau Tim Lima. Pengamanan yang dilakukan, murni bersifat untuk mengantisipasi perusakan terhadap bangunan keraton yang sudah ditetapkan sebagai benda cagar budaya.

“Bukannya kami memihak, tapi menjadi tugas kami untuk mengantisipasi hal tidak diinginkan sebelum terjadi,” kata Kombes Pol Djarot.

Disinggung terkait konflik yang terjadi di tubuh Keraton Solo, pihaknya mengaku sangat prihatin. Mengingat, Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat merupakan pusat kebudayaan di Jawa Tengah. Praktis dengan adanya peristiwa tersebut akan mencemarkan nama dan kewibawaan Keraton Solo sebagai salah satu acuan budaya.

“Kami mendoakan supaya konflik yang terjadi segera selesai dan menemukan jalan keluar yang terbaik bagi kedua belah pihak,” ungkap Djarot.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge