0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

ABK Punya Potensi, Asal Ditangani Secara Khusus

Seminar Nasional Strategi Pembelajaran untuk Mengembangkan Potensi ABK. (foto: Agung)

Sragen – Anak berkebutuhan khusus (ABK) perlu mendapat perhatian lebih, baik dari orang tua ataupun kalangan pendidik. Pasalnya tidak semua guru atau pendidik bisa telaten mengajari ABK ini.

Untuk itu perlu mendapat penanganan khusus pula untuk mengetahui potensi yang ada pada ABK. Karena bukan hal yang mustahil, mereka sebenarnya juga punya potensi seperti anak pada umumnya.

“Kalau ditangani dengan baik, potensi mereka bisa tergali dan berprestasi. Buktinya anak-anak kita di SLBN dulu bisa memecahkan rekor MURI,” kata Kepala Pusat Layanan Autis (PLA) Sragen, Joko Sambodo, Senin (10/4).

Ketika ditemui di sela-sela acara Seminar Nasional Strategi Pembelajaran untuk Mengembangkan Potensi ABK di Aula Sukowati Setda Sragen Joko menyampaikan, penanganan dari awal terhadap ABK sangat penting karena akan menentukan perkembangan potensi yang dimiliki.

Namun demikian, penggalian potensi itu bisa didapatkan kalau si anak disekolahkan ke lembaga pendidikan khusus pula. Sebab kalau dimasukkan pada sekolah regular hasilnya tidak akan maksimal.

Joko mengatakan, melalui seminar tersebut pihaknya mengajak para pendidik dari PAUD, TK dan SD akan pentingnya pengembangan potensi terhadap ABK.

Dijelaskannya, jumlah ABK di Sragen saat ini sekitar 1.000 anak yang tersebar di SLBN, SLB Gemolong, Gondang, Plupuh dan Masaran.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge