0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Polres Sukoharjo Terapkan E-Tilang, 2324 Pelanggar Ditindak

Polres Sukoharjo sudah terapkan e-Tilang (dok.timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Satuan Lalulintas Polres Sukoharjo secara resmi memberlakukan sistem e-Tilang sejak (1/3), bersamaan dengan digelarnya Operasi Simpatik Candi 2017. Hingga (8/4), sudah ada 2324 pelanggaran lalulintas yang ditindak menggunakan sistem tilang berbasis elektronik, dan tercatat paling tinggi se Polda Jateng.

“Sejak awal Bulan Maret hingga April ini sudah ada 2324 pelanggaran lalulintas yang kita tindak menggunakan sistem e-Tilang. Nantinya mereka para pelanggar diberikan nomor bukti tilang yang gunanya untuk membayar denda di Bank BRI atau ke ATM terdekat,” kata Kasat lantas Polres Sukoharjo AKP Finan Sukma Radipta, Senin (10/4).

Dengan sistem e-Tilang ini lebih memudahkan masyarakat dalam membayar denda tilang yang sebelumnya harus menunggu sidang di Pengadilan Negeri setempat. selain itu, sistem ini juga dapat mencegah kemungkinan terjadinya pungutan liar antara pelanggar dengan oknum petugas.

Dan ke depannya, sistem e-Tilang akan terintegrasi dengan sistem online lainnya seperti, SIM Online dan e-Samsat. Nantinya bagi pelanggar lalulintas yang dikenakan e-Tilang tidak bisa memperpanjang SIM seelum dibayar denda Tilangnya, dan denda akan diakumulasikan ke pajak kendaraan.

“Intinya sistem e-Tilang ini bentuk inovasi dari Polri untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Selain itu juga untuk mengedukasi masyarakat agar tertib lalulintas di era modern seperti saat ini,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge