0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Suplai Listrik ke Sumatera, PLN Bangun Kabel Bawah Laut

(merdeka.com)

Timlo.net – Pasokan listrik di Pulau Jawa dalam kondisi berlebih atau over suplai. Melihat kondisi ini, dalam revisi Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2017-2026, proyek jaringan kabel listrik bawah laut (High Voltage Direct Current/HVDC) akan dikerjakan mulai 2021. Kabel ini akan memindahkan kelebihan listrik pulau Jawa ke Sumatera.

“Sampai 2021 Jawa akan kelebihan kapasitas terpasang, akan over supply 5 GW sekurang-kurangnya. Kalau ini diteruskan sampai 2024 ini mungkin tetap kelebihan 5 GW,” kata Menteri Energi Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan di Jakarta, Senin (10/4).

“Pemerintah dan PLN sepakat mungkin akan dikerjakan di 2021 dan di 2024 itu harus selesai. Padahal ini ide awalnya, kabel laut HVDC 500 KV itu ditujukan untuk memasok listrik dari Sumbagsel ke Jawa,” lanjutnya.

Direktur Perencanaan Korporat PLN, Nike Widyawati menjelaskan HVDC pada prinsipnya adalah interkoneksi untuk mengaliri listrik. Di mana saat Jawa over suplai maka akan dikirim ke Sumatra begitu juga sebaliknya.

“Karena prinsip interkoneksi itu mengaliri listrik murah tapi saling back up dua sistem besar ketika di Jawa ada masalah disuplai Sumatera, kalau Sumatera bermasalah disuplai Jawa.”

[idr]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge