0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

GKR Hemas Minta MA Batalkan Pelantikan Oesman Sapta Odang

Ruang sidang DPD (merdeka.com)

Timlo.net – Pimpinan DPD periode 2014-2019 GKR Hemas dan Farouk Muhammad menggelar rapat Panitia Musyawarah (Panmus). Hemas mengatakan panmus akan mendesak Ketua MA membatalkan pelantikan Oesman Sapta Odang sebagai Ketua DPD baru periode 2017-2019.

Agenda kedua, Panmus akan meminta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk tidak hadir dalam Sidang Paripurna Luar Biasa ke-6 DPD RI.

Berdasarkan, informasi yang beredar, sidang paripurna itu beragendakan penyampaian Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester II Tahun 2016 dan Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan BPK.

“Kita akan minta Ketua MA membatalkan sumpah, agendanya. Kedua, adalah minta BPK tidak hadir sampai persoalan hukum dan politik tidak selesai,” kata Hemas di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (10/4).

Di lokasi berbeda, kubu OSO juga menggelar rapat panitia musyawarah di Lantai 8, Gedung DPD RI. Hemas menilai rapat panmus yang digelar OSO dan pimpinan DPD, Nono Sampono dan Damayanti Lubis ilegal. Dia menegaskan, pimpinan DPD periode 2014-2019 adalah kepemimpinan yang sah yang taat pada aturan hukum.

“Saya kira apa yang mereka lakukan menurut kami adalah ilegal karena kita harus tetap taat pada hukum. Kami sudah harus menjalankan apa yang sudah diputuskan oleh MA,” tegasnya.

Dalam rapat Panmus yang digelar Hemas dan Farouk, Sekjen DPD Sudarsono tidak hadir karena ikut dalam rapat Panmus bersama OSO. Hemas menilai, rapat Panmus kubu OSO yang difasilitasi Sekjen DPD adalah kesalahan dan ilegal.

“Karena sekjen itu berpihak tapi kami mau difasilitasi atau tidak kami harus tetap melaksanakan rapat panmus ini. Panmus yang dilaksanakan dan diprakarsai Sekjen itu juga merupakan kesalahan. Panmus ilegal,” klaim Hemas.

Hemas menuturkan, pihaknya tidak akan menggelar sidang paripurna bersama BPK hari ini. Namun, kata dia, sidang paripurna akan digelar dalam waktu dekat sambil menunggu penjelasan dari MA terkait kisruh kepemimpinan di DPD.

“Paripurna akan kami laksanakan sesegera mungkin. Hari ini tidak ada,” tandasnya.

[dan]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge