0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UNS Kembangkan Jatikuwung sebagai Sentra Pepaya Cikita

UNS kembangkan Jatikuwung sebagai sentra pepaya Cikita (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (FP UNS) mengembangkan Jatikuwung sebagai kawasan sentra pepaya. Pengembangan pepaya jenis varietas Cikita ditandai dengan penanaman bibit secara simbolik oleh Dekan FP UNS Prof Bambang Pujiasmoro, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Karanganyar Supramnaryo, juga melibatkan personil Korem 074/Warastratama, Keluarga Alumni Fakultas Pertanian UNS (KAFP UNS) dan PT Sinar Mas, di Desa Jatikuwung, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar.

“Pepaya jenis varietas Cikita memang sengaja dipilih karena merupakan varietas produk Fakultas Pertanian UNS, sekaligus Sentra Pepaya Jatikuwung  berdekatan dengan area Laboratorium Fakultas Pertanian UNS yang berada di Jatikuwung, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar,” jelas Prof Bambang kepada Timlo.net, seusai penanaman dan pencanangan Jatikuwung sebagai Sentra Pepaya, Senin (10/4).

Dijelaskan, pencanangan digulirkan melalui program pengabdian masyarakat, dimana FP UNS hadir di tengah-tengah masyarakat untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing.

Seiring dengan perkembangan dunia teknologi yang begitu cepat, Fakultas Pertanian UNS telah menggandeng berbagai institusi untuk  berkolaborasi dalam pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh sivitas akademika untuk berkarya bersama membangun masyarakat,” ujarnya.

Pada pengabdian kepada masyarakat kali ini, FP UNS membagikan kepada masyarakat dan kelompok tani berupa pepaya varietas Cikita untuk dikembangkan dan dibudidayakan di lahan pekarangan dan kebun.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Karanganyar Supramnaryo, mengharapkan agar UNS tetap melakukan pendampingan kepada petani dan masyarakat, sehingga upaya budidaya pepaya Cikita di masyarakat Jatikuwung dapat berhasil.

“Ke depannya diharaphan hasil dari komoditas pepaya Cikita mampu memasok kebutuhan masyarakat, utamanya dapat memenuhi kebutuhan konsumsi hotel di Soloraya,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge