0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kreatif, Drone Ini Hasil Rakitan Siswa SMP

(foto: Tarmuji)

Wonogiri – Kreatifitas pelajar SMPN IV Wonogiri ini patut diapresiasi. Mereka secara manual mampu merakit dan menerbangkan sebuah pesawat tanpa awak atau lebih dikenal dengan drone. Bahkan, drone karya mereka ini mampu mengangkat beban dengan berat hampir satu kilogram.

“Awalnya, karena ada minat dan bakat siswa didik maka kami kemudian membuka bidang robotik,” kata Kepala Sekolah SMPN IV Wonogiri, Sukiman, Sabtu (8/4).

Setelah bidang itu ditawarkan, ada 10 siswa yang tertarik mengikuti bidang robotik ini. Akhirnya, mereka pun diarahkan agar dapat membuat drone sendiri. Walaupun, pesawat tanpa awak itu tidak seluruhnya dibuat oleh mereka, ada sebagian sparepart yang dibeli kemudian oleh siswa dirakit dengan pendampingan guru pembimbing.

Keterampilan siswa SMPN IV tersebut kini sudah dapat mengudara. Bahkan, alat tersebut dilengkapi dengan action kamera sehingga mampu melakukan foto udara sekaligus mengangkat beban seberat 500 gram.

“Drone ini dirakit dari proses awal hingga akhir sekitar tiga bulan,” kata guru pembimbing, Jupri Dwi Hanantya saat ditemui Timlo.net.

Dia juga mengatakan, drone karya anak didiknya itu menelan biaya Rp 2 juta. Ia menyebut jika bodi drone dibuat secara manual oleh siswa dengan bahan baku dari akrilik. Setelah bodi terbentuk,barulah anak-anak merakit kelengkapannya. Sementara untuk spare part lainnya belum sepenuhnya membuat sendiri, melainkan membeli. Semisal untuk baling- baling, batere, kamera dan lainnya.

“Sementara untuk speck drone yang sederhana saja.Yang terpenting siswa ini bisa dan mengetahui prinsip dasar dan kinerja drone,” tandas dia.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge