0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KA Bandara, Stasiun Balapan ke Adi Soemarmo Cuma 15 Menit

Presiden Joko Widodo melakukan peletakan batu pertama KA Bandara (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo — Proyek kereta api (KA) Bandara yang menghubungkan antara stasiun Solo Balapan dan Bandara Adi Soemarmo akan menggunakan tiga sarana kereta api (KA). Dengan adanya integrasi moda¬† transportasi tersebut diharapkan akses masyarakat bisa semakin mudah dan lebih cepat.

“Untuk sarana KA Bandara ini kita akan menggunakan tipe Demu (diesel elektrik multiple unit) yang diproduksi oleh PT Inka,” ujar Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro kepada wartawan, Sabtu (8/4).

Adapun fasilitasnya, ia menyampaikan untuk satu rangkaian KA terdiri dari empat unit gerbong dengan masing- masing gerbong berisi 50 tempat duduk. Atau dengan kata lain, satu rangkaian KA dapat mengangkut 200 orang.

“Sedangkan total sarana KA yang kita gunakan ada tiga dan satu KA cadangan,” jelasnya.

Sementara untuk kecepatannya, lanjut Edi dapat mencapai 70 kilo meter perjam. Sehingga dengan jarak 13,5 kilo meter antara Stasiun Solo Balapan hingga Bandara Adi Soemarmo dapat ditempuh dalam waktu 15 menit.

“Kita berharap dengan adanya integrasi moda ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, secara lebih cepat dan nyaman,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge